Ruang Publik Orang Muda Itu Bernama Rumah Kreasi-Baku Peduli

Floresmuda.com-Rumah Kreasi-Baku Peduli adalah sebuah gagasan tentang ruang publik tempat berlangsungnya proses-proses belajar, eksplorasi minat, bakat dan kreativitas bersama lintas batas (suku, bahasa, budaya dan agama) khususnya bagi orang-orang muda yang mau menginvestasikan nilai-nilai, keutamaan keseharian untuk masa depannya, keluarga, komunitas, agama dan negara (nusa dan bangsa).

Rumah Kreasi terletak di Gang Kreasi, Jalan Frans Nala, Samping Kantor Pertambangan dan Energi, Cowangdereng, Labuan Bajo, Manggarai Barat. Rumah Kreasi ini dikelola Sunspirit for Justice and Peace, sebuah lembaga gerakan sosial yang menaruh perhatian pada isu keadilan dan perdamaian, bersama komunitas-komunitas (young civil society) yang ada di Labuan Bajo dan sekitarnya.

Gagasan tentang Rumah Kreasi lahir pada akhir tahun 2015 ketika kota Labuan Bajo sebagai sebuah destinasi pariwisata penuh sesak dengan aktivitas pariwisata yang cenderung melayani kebutuhan wisatawan lokal dan mancanegara. Ironisnya, sebagai kota sedang berkembang yang selalu dituju, Labuan Bajo sama sekali tidak menyediakan konsep ruang informal yang melayani kebutuhan belajar, kreasi, dan ekspresi masyarakat lokal. Padahal sejak tahun 2014, geliat kreativitas dan ekspresi (terutama kesenian) yang lahir dari inisiatif-inisiatif komunitas dan kelompok orang muda tumbuh sangat pesat di Labuan Bajo dan sekitarnya.

Membaca kebutuhan itu, Sunspirit for Justice and Peace bersama orang muda kemudian berinisiatif menyewa sebuah bangunan di Labuan Bajo sebagai salah satu solusi alternatif atas kebutuhan ruang tersebut. Persis di saat itulah Rumah Kreasi lahir.

Untuk mewujudkan gagasan itu, Rumah Kreasi kemudian didesain terdiri atas ruang-ruang yang masing-masing memiliki fungsi. Saat ini, Rumah Kreasi memiliki enam ruang utama: Ruang Serbaguna, Perpustakaan, Studio Radio, Studio Musik, Ruang kerja, dan Ruang Redaksi website Flores Muda.

Di samping itu, Rumah Kreasi juga dilengkapi dengan jaringan internet yang dapat diakses sepanjang dua puluh empat jam.

RUANG SERBAGUNA
Rumah Kreasi saat ini difungsikan sebagai tempat pertemuan dan diskusi publik, lokakarya, pementasan seni, pameran karya seni, bioskop mini, dan fungsi-fungsi lain yang akan selalu disesuaikan dengan kebutuhan. Ruang Serbaguna ini bisa dimanfaatkan oleh siapapun.

PERPUSTAKAAN
Rumah Kreasi sejauh ini memiliki koleksi buku cukup lengkap. Mulai dari buku pemikiran dan sastra sampai handbook. Dari yang berbahasa Indonesia sampai berbahasa Inggris. Selain itu, ruang perpustakaan juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang kerja dan tempat pertemuan terbatas.

STUDIO RADIO
Studio radio yang menyiarkan program-program orang muda dan berita-berita terupdate ini ada di frekuensi 107,8 FM. Di bawah tagline “Suara untuk Perubahan” radio ini dimaksudkan untuk membangun komunikasi dan menyebarluaskan nilai-nilai ke-adab-an. Radio ini beroperasi mulai pukul 17.30 WITA. Sejauh ini, sebagai sebuah radio komunitas, jangkauan siaran radio ini masih sebatas kota Labuan Bajo dan sekitarnya.

STUDIO MUSIK
Studio musik ini disediakan sebagai ruang belajar, latihan musik, dan rekaman bagi musisi-musisi di Labuan Bajo dan sekitarnya. Selain itu di studio musik ini juga film-film pendek dan inspiratif diproduksi.

RUANG REDAKSI FLORESMUDA
Ruang Floresmuda adalah salah satu ruang di Rumah Kreasi yang dimanfaatkan sebagai ruang kerja redaksi website www.floresmuda.com. Ruang redaksi ini dikelola oleh rekan-rekan jurnalis pelajar yang telah mendapat woskshop pelatihan jurnalis untuk perubahan. Selain itu, ruang redaksi ini juga bisa dimanfaatkan untuk ruang belajar menulis kreatif dan jurnalistik bagi pelajar-pelajar dan mereka yang tertarik.

PROGRAM dan AKTIVITAS
Rumah Kreasi akan secara rutin mengelola beberapa program rutin dan aktivitas insidental yang akan selalu hadir di setiap bulannya.

Program-program rutin itu berupa Diskusi Publik, Sinema Rumah Kreasi, Kopi Sastra – Akhir Bulan, dan Panggung Kreasi. Semuanya akan diinformasikan dalam bentuk Kalender Program bulanan dan poster yang akan ditayangkan di halaman Facebook @rumahkreasibakupeduli.

Tentang aktivitas dan kegiatan insidental, Rumah Kreasi menyediakan ruang beserta fasilitas untuk individu dan komunitas untuk berkegiatan. Untuk mekanisme pemanfaatan ruang dan sebagainya, silahkan menghubungi pengelola Rumah Kreasi. Informasi tentang aktivitas dan kegiatan insidental ini akan ditayangkan di halaman ini dalam bentuk poster.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:
Kepala Rumah Kreasi Baku Peduli: Boe Berkelana
dan Kepala Sekretariat: Thyke Syukur (0853 3320 9444)

Alamat:
Gang Kreasi, Jalan Frans Nala, Samping Kantor Dinas Pertambangan dan Energi Manggarai Barat, Cowangdereng, 86554 Labuan Bajo
Email: rumahkreasibakupeduli@gmail.com
Web: www.floresmuda.com
Fanpage Facebook: @rumahkreasibakupeduli

Publikasi Lainnya